spot_img
BerandaUncategorized10 Tahun Kepemimpinan Jokowi Sukses Capai Pemerataan Pembangunan Infrastruktur...

10 Tahun Kepemimpinan Jokowi Sukses Capai Pemerataan Pembangunan Infrastruktur di Indonesia

10 Tahun Kepemimpinan Jokowi Sukses Capai Pemerataan Pembangunan Infrastruktur di Indonesia

Jakarta – Di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Indonesia telah menunjukkan pencapaian luar biasa dalam hal pembangunan infrastruktur.

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwijono Moegiarso mengatakan, di era kepemimpinan Presiden Jokowi, pembangunan infrastruktur di Indonesia sangat maju dan memberikan dampak positif bagi masyarakat.

“Terkait dengan konektivitas dan mobilitas, seperti bandara, pelabuhan, jalur kereta api, kemudian ada juga terkait energi hingga kadaulatan pangan dengan 53 bendungan, food estate, dengan jaringan irigasi,” ujar Susiwijono.

Kemudian Susiwijono juga mengatakan pembangunan infrastruktur yang masif memberikan dampak yang masif bagi perekonomian.

“Pembangunan yang masif ini sangat berdampak pada pertumbuhan ekonomi kita selama satu dekade ini,” lanjut Susiwijono.

Susiwijono juga menjelaskan bahwa proyek pembangunan tersebut bersifat multi years, dan akan berkelanjutan serta memberikan manfaat yang lebih besar kepada masyarakat.

“Ini semua proyek multi years sehingga dari sisi jumlah, relatif seluruhnya sudah selesai dan sebagian masih dalam proses,” ujar Susiwijono.

Sementara itu, Guru Besar FEB UI, Telisa Aulia Falianty mengatakan di era pemerintahan Presiden Jokowi, pembangunan infrastruktur memberikan efek yang besar terhadap kesejahteraan masyarakat.

“Infrastruktur itu multiplier effectnya cukup besar, karakteristik infrastruktur di Indonesia itu padat karya, karena banyak PSN yang menyerap lapangan kerja,” kata Telisa.

Di era kepemimpinan Presiden Jokowi, perekonomian Indonesia sangat maju karena mayoritas sudah memanfaatkan ekonomi digital.

“Ekonomi juga sudah banyak menggunakan digital, sehingga itu semua sangat membantu perekonomian nasional,” kata Telisa.