spot_img
BerandaUncategorizedKesuksesan Berbagai Event Internasional di Era Pemerintahan Jokowi, Kukuhkan...

Kesuksesan Berbagai Event Internasional di Era Pemerintahan Jokowi, Kukuhkan Indonesia di Panggung Global

Kesuksesan Berbagai Event Internasional di Era Pemerintahan Jokowi, Kukuhkan Indonesia di Panggung Global

Jakarta – Di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Indonesia telah menunjukkan pencapaian luar biasa dalam penyelenggaraan berbagai event internasional. Dari KTT G20, World Water Forum, hingga perhelatan olahraga internasional seperti Asian Games, Indonesia berhasil menarik perhatian dunia serta menciptakan dampak positif bagi ekonomi dan pariwisata.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan di era kepemimpinan Presiden Jokowi, berbagai acara bertaraf internasional telah sukses digelar di Indonesia. Hal tersebut menunjukkan saat ini Indonesia mempunyai peran penting di kancah global.

“Event-event internasional yang sukses diselenggarakan di Indonesia menunjukkan kemampuan kita dalam berkolaborasi dan beradaptasi di tingkat global,” ujar Sandiaga.

Kemudian Sandiaga juga mengatakan industri kreatif di Indonesia saat ini menjadi acuan negara-negara lain karena berhasil menciptakan hampir 25 juta lapangan kerja dari berbagai sektor.

“Indonesia sekarang sudah menjadi acuan karena kita berhasil menciptakan hampir 25 juta lapangan kerja dan total Rp1.400 triliun nilai tambah dan ekspor sekitar 27 miliar dolar AS,” lanjut Sandiaga.

Sandiaga berharap capaian itu dipertahankan dan ditingkatkan untuk mencapai target Indonesia Emas dengan kontribusi ekonomi kreatif 11 persen ke perekonomian nasional, serta dapat meningkatkan potensi kolaborasi internasional lintas sektor untuk pengembangan industri kreatif.

“Bukan hanya sektor bisnis, pemerintah maupun akademia, tapi juga kita bicara mengenai komunitas, kita bicara juga mengenai hak kekayaan intelektual yang dimiliki oleh masyarakat,” ujar Sandiaga.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan kesuksesan berbagai event internasional di Indonesia tidak lepas dari keberhasilan kepemimpinan Presiden Jokowi.

“Saya kira ini pencapaian leadership bapak Presiden Jokowi selama 10 tahun. Saya kira ini hadiah dari kerja keras bapak presiden, selama beliau jadi presiden,” kata Luhut.

Luhut juga berharap pemerintahan selanjutnya dapat meneruskan berbagai capaian-capaian Presiden Jokowi selama memimpin, dan membawa Indonesia menjadi lebih maju lagi.

“Saya berharap kepemimpinan selanjutnya bisa meneruskan pencapaian-pencapaian Presiden Jokowi selama memimpin. Saya kira ini satu tradisi, kedepan dengan bangsa yang besar ini bisa membuat tradisi yang cukup baik,” katanya.

Dengan pencapaian yang telah diraih, Indonesia semakin kuat melangkah ke masa depan yang lebih gemilang. Selain itu, masyarakat harus terus mendukung upaya pemerintah dalam memperkuat posisi Indonesia di kancah internasional.