spot_img
BerandaUncategorizedApresiasi Terhadap Capaian Kepala BIN, dari Modernisasi Teknologi Intelijen...

Apresiasi Terhadap Capaian Kepala BIN, dari Modernisasi Teknologi Intelijen Hingga Dukung Kemajuan Generasi Muda

Apresiasi Terhadap Capaian Kepala BIN, dari Modernisasi Teknologi Intelijen Hingga Dukung Kemajuan Generasi Muda

Oleh : Rika Prasatya

Badan Intelijen Negara (BIN) di bawah kepemimpinan Kepala BIN Jenderal Polisi. (Purn) Prof. Dr. Budi Gunawan, S.H., M.Si., Ph.D. telah bertransformasi di berbagai lini menuju World Class Intelligence Organization. Hal ini diwujudkan dalam berbagai terobosan yang mengusung strategi dengan mengintegrasikan modernisasi teknologi canggih dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas.

Mengenai hal tersebut, BIN melaksanakan Upacara Pelantikan Prasetia Perwira Intelijen Negara di lingkungan Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN), Sentul – Bogor, Jawa Barat, Dalam momen ini, para Perwira Intelijen Remaja STIN mengucapkan sumpah setia kepada negara, yang menandai komitmen mereka dalam menjaga keamanan dan stabilitas nasional.

Dalam sambutannya, Kepala BIN berharap perwira intelijen serta taruna dan taruni STIN ini dapat menjadi ujung tombak pertahanan intelijen bangsa. Para Taruna STIN dibentuk untuk mampu tumbuh menjadi prajurit prajurit Intelijen Negara yang semakin profesional dan tangguh siap untuk menghadapi segala tantangan tugas dan perkembangan peradaban.
Acara ini tidak hanya menjadi ajang apresiasi bagi para Perwira Intelijen Remaja STIN, tetapi juga menyoroti berbagai capaian dan inovasi BIN di bawah kepemimpinan Budi Gunawan.
Dalam momentum tersebut, Kepala BIN juga melakukan peresmian Modernisasi Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) dan Flat Personel STIN, Penyerahan Sertifikat Akreditasi Internasional STIN dan Sarana – Prasarana Mobilitas Operasional, sekaligus Pemberian Penghargaan Atlet PORBIN 2024.
Kepala BIN menegaskan bahwa Pusdiklat BIN menjadi pusat penyelenggaraan
pendidikan dan pelatihan, sertifikasi profesi intelijen, serta pembinaan ilmu, pengetahuan dan teknologi khusus intelijen.
BIN sebagai pusat kendali dan komando telah berhasil meningkatkan kemampuan teknologi intelijen melalui Intelligence Processing Center dengan pendekatan yang terpusat serta terkonfigurasi dengan berbagai perangkat termutakhir.
Pusdiklat BIN kini dilengkapi dengan labotorium monitoring intelligence berbasis cyber security training platform dan laboratorium experience center, yang di dalamnya berisi berbagai perangkat operasi intelijen modern. Modernisasi ini melibatkan peningkatan infrastruktur, teknologi, dan sistem pelatihan guna mendukung pengembangan SDM yang berkualitas tinggi di BIN.
Pada kesempatan yang sama, BIN juga menerima penyerahan Sertifikat Akreditasi Internasional oleh Accreditation, Certification and Quality Assurance Institute (ACQUIN) kepada STIN. ACQUIN merupakan lembaga akreditasi terkemuka asal Jerman dan telah memberikan akreditasi kepada berbagai universitas dan institusi pendidikan tinggi di seluruh dunia. ACQUIN menilai STIN telah memenuhi standar internasional dalam hal kurikulum, fasilitas pembelajaran, kualitas pengajar, dan manajemen institusi.
Momen bersejarah ini menunjukkan bahwa BIN di bawah kepemimpinan Kepala BIN Jenderal Polisi. (Purn) Prof. Dr. Budi Gunawan, S.H., M.Si., Ph.D. membuktikan komitmen dan inovasi tanpa henti dalam mengembangkan SDM intelijen. STIN berhasil menjadi satu-satunya perguruan tinggi intelijen di kawasan Asia yang terakreditasi unggul, baik nasional maupun internasional. Lebih lanjut, Kepala BIN menjelaskan bahwa BIN harus mewujudkan World Class Intelligence Organization agar dapat menjawab semua tantangan yang ada saat ini dalam kondisi dunia semakin tidak menentu.
Tidak hanya modernisasi teknologi intelijen, BIN juga melakukan pembangunan flat personel STIN dan penyerahan secara simbolis sarana – prasarana mobilitas operasional guna mengakomodir personil STIN dan menunjang kenyamanan dalam bekerja. Dari sisi olahraga, dalam rangkaian acara ini juga dilakukan penyerahan Piala Proliga 2024 dan apresiasi Juara 1 Putri Jakarta BIN, sekaligus pemberian apresiasi terhadap para atlet PORBIN yang berprestasi. Ini menunjukkan dukungan BIN tidak hanya dalam tugas-tugas intelijen tetapi juga dalam perkembangan olahraga dan prestasi nasional.
Bukan hanya itu, capaian Budi Gunawan selama memimpin lembaga telik sandi tersebut, diantaranya mewujudkan kontribusinya terhadap para generasi muda dengan membentuk Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) yang merupakan tempat tinggal sekaligus pembinaan yang berlandaskan pada nilai-nilai Pancasila dan partriotsme bagi mahasiswa multikampus dari berbagai daerah di Indonesia. BIN juga terus berperan aktif dalam pengembangan SDM unggul hingga ke ujung negeri, salah satunya melalui Papua Youth Creative Hub (PYCH), yang selanjutnya akan segera diresmikan Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (AMANAH) sebagai pusat industri ekonomi dan kreativitas bagi seluruh anak dalam pengembangan teknologi, inovasi, sosial budaya, kesehatan, hingga memajukan produk-produk lokal yang dimiliki.
Berbagai capaian dan upaya BIN untuk memajukan generasi muda Indonesia lewat berbagai lini tersebut tentunya patut mendapat apresiasi tinggi. Capaian – capaian tersebut menjadi langkah baru BIN dalam upayanya menuju World Class Intelligence Organization. Hal ini sekaligus menjadi bukti keseriusan BIN di bawah kepemimpinan Jenderal Polisi. (Purn) Prof. Dr. Budi Gunawan, S.H., M.Si., Ph.D. dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045. Sebagai World Class Intelligence Organization, BIN diharapkan dapat terus bertransformasi demi mengokohkan peran dan kedudukan strategisnya sebagai the first line of national security system, sekaligus mencetak personil intelijen unggul kelas dunia yang mampu menjawab berbagai tantangan.

)* Penulis adalah Kontributor Lembaga Studi Informasi Strategis Indonesia